Tuesday, March 18, 2014
Fakta design responsive | JhnWorld

Dari hasil suatu penelitian menyatakan bahwa sekita 29% pengguna internet beralih dari desktop ke mobile untuk melakukan browsing. Hal ini tentunya mendorong sebagian besar website untuk menggunakan design responsive. Apa itu design responsive ?. Design responsiv adalah salah satu istilah tentang konsep tampilan web yang akan menyesuaikan dengan besarnya viewport(luasan area pada browser untuk menampilkan website) yang digunakan oleh pengguna saat mengakses sebuah website.

Fakta-fakta Design responsive

Sebagian besar website bisa diubah menjadi responsive

Banyak pengguna mobile phone saat ini menjadi faktor pendorong pembuat website untuk menggunakan design responsive. Tentu saja setiap pembuat website ingin tampilan nya dapat menyesuaikan dengan browser yang digunakan untuk mengkasesnya. Nah, Design responsive adalah solusinya.
Faktanya bahwa website konvensional pun dapat dibuat menjadi responsive, meskipun tidak semuanya akan sesuai dengan klasifikasi yang ada. Website yang mempunya Large database dan mempunya banya video HD tentu sulit diubah menjadi responsive. Bagaimanapun, sebagian besar website dapat diubahkan, mengurangi hinggai 60-70 persen dari total biaya pembuatan website baru.
Ingin mencoba? silahkan pelajari disini Membuat blog dengan tampilan responsive

Navigasi menjadi poin penting

Tentu saja, Dalam design responsive navigasi menjadi sesuatu yang mendasar dan perlu diperhatikan. Tujuan navigasi adalah mempermudah pengunjung untuk menjelajah suatu website. Penempatan posisi menjadi sangat penting untuk suatu navigasi.

Design Responsive bukan teknologi

Membuat tampilan responsive merupakan trend saat ini. Tidak ada teknologi yang perlu untuk mewujudkannya. Hanya membutuhkan seorang web developer dan designer untuk melakukannya. Bagamanapun, ini merupakan tuntutan dari banyak pengguna mobile phone.

Responsive bukanlah Mobile

Kebanyakan orang menyatakan responsive itu untuk mobile. Tentu saja tidak selalu begitu, Responsive bertujuan membuat tampilan website dapat menyesuaikan ukuran screen browser. Desktop saja contohnya, tidak semua ukurannya sama. Jika diklasifikasikan bisa dibedakan dari ukuran layar, mulai dari yang small, medium, dan large. Nah inilah satu salah kelebihan responsive untuk menyesuaikan tampilan sesuai ukuran website. Ingin tahu kelebihan responsive yang lain, coba baca disini 4 Kelebihan menggunakan design responsive

Tampilan tidak akan berdampak pada load-time

Meskipun istilah Responsive mengacu pada sesuatu pengalaman web browsing yang lebih cepat, tidak berarti beban loading website lebih efisien dengan resolusi yang lebih kecil. Dalam arti, website tetap akan merespon dalam waktu yang sama meskipun konten yang ditampilkan lebih sedikit. Esensi dari responsive adalah memastikan tampilan di layar tampak sempurna. Meskipun kompresi gambar disediakan dalam responsive design, tetapi ini hanya berdampak pada efek tampilan, bukan pada load-time. Dengan demikian, menggunakan responsive design agar load website berbeda di tiap perangkat menjadi tidak masuk akal.

Comments

One Comment

RSS
  1. Buatlah design responsive yang lebih ringan karena itu sangat disukai oleh pengunjung anda

    ReplyDelete

Popular Posts


Copyright © 2014 GweOne. Designed by Templateism
Logo by Cool Text: Free Logos and Buttons
DMCA.com Protection Status

Iklan

Find Us on Google+

Followers