Monday, March 31, 2014

Welcome back, World..
Dalam meningkatkan trafik suatu blog maupun website banyak hal mesti di perhatikan, diantaranya:
Kali ini saya akan membahas tentang poin terakhir yakni User experience. Kenapa penting?, User experience atau pengalam pengunjung dalam menjelajahi blog anda sangat dibutuhkan agar pembaca runtin melihat blog anda. Inilah yang diharapkan dari sebuah blog, pengunjung awalnya akan datang dengan tujuan mendapatkan informasi yang ia cari. Nah, tugas blog adalah menyajikan berbagai informasi yang ia butuhkan disamping itu juga merekomendasikan informasi menarik lainnya.

Hal apa saja yang membantu membuat user experience

Tampilan

Hal pertama yang dilihat oleh pembaca adalah tampilan dari suatu blog. Menarik atau tidak itu tergantung dari penilaian seseorang. Oleh karena itu, Buatlah blog anda dengan tampilan yang simpel. Simpel dalam artian navigasi, judul dan informasi yang jelas berada pada posisi yang tepat.

Navigasi

Ya betul, Navigasi membantu pembaca untuk menjelajahi blog anda. Apa saja yang perlu dibuat untuk navigasi? pertama, Halaman penting dalam blog anda seperti home, profil dan halaman penunjang lainnya. Kedua, Arsip artikel anda. biasanya para sobat blogger lebih menunjukan informasi artikel terpopuler dan terbaru. Terakhir adalah navigasi untuk artikel yang berkaitan dengan informasi yang pembaca cari, biasanya berkaitan dengan artikel yang sedang ia baca.

Gambar

Sebuah artikel akan lebih menarik jika anda memberikan sebuah gambar. hal ini akan membantu para pembaca untuk lebih cepat memahami artikel yang ia baca. Gambar yang berkaitan dengan artikel, bisa anda cari dengan google images. Namun sebaiknya dibuat dengan kreasi anda sendiri.

Artikel Informatif

Tentu saja hal ini menjadi daya tarik suatu blog. Informasi yang anda sajikan dalam suatu blog hendak bermanfaat juga untuk pembaca. Tidak selalu harus memberikan informasi terbaru, melainkan mulai lah dari informasi yang anda peroleh dari pengalaman anda. Anda bisa share apapun, Tetapi perlu diperhatikan dalam penyajiannya. Terkadang informasi yang penting jika penyajiannya kurang baik justru menjadi tidak menarik untuk dibaca. Oleh karena itu, perhatikan dari segi bahasa dan penyampaian yang anda gunakan dalam menulis artikel tersebut.

Pagination

Kemajuan teknologi saat ini membuat banyak bermunculan gadget dan smartphone. Browsing menggunakan gadget terutama yang memiliki fitur touch screen akan lebih efsien jika blog yang dibuka bisa dijelajahi hanya dengan menggerakkan scroll saja. Pagination Sebuah blog biasanya menggunakan link dan membutuhkan trigger klik dari user untuk membuka halaman selanjutnya. Akan lebih efektif jika anda bisa memanfaatkan fitur Infine Scroll
. Infinite Scroll ini membuat blog anda akan me-load automatis artikel berikutnya secara berurutan hanya dengan menggerakkan scroll browser. Jadi, hal ini akan membuat user experience untuk blog anda semakin lebih menarik.
Baik itu lah, Hal yang dapat membantu membuat user experience yang berkesan bagi pembaca. Selamat mencoba.

Comments

8 Comments

RSS
  1. Silahkan tinggal komentar disini

    ReplyDelete
  2. boleh dicoba nih ,makasih udah share

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Woke, sama-sama makasih sudah berkomentar,

      Delete
  4. infonya bagus gan! makasih ya udah sharing2 :)

    btw, kalau mau sharing URL gratis bisa disini >> http://batara.co/directory

    ReplyDelete
  5. User experience emang sangat berpengaruh gan bg user, entah it agar mreka betah atau utk memudahkan menavigasi situs..

    Salut :) infony bermanfaat banget

    ReplyDelete

Popular Posts


Copyright © 2014 GweOne. Designed by Templateism
Logo by Cool Text: Free Logos and Buttons
DMCA.com Protection Status

Iklan

Find Us on Google+

Followers