Saturday, May 24, 2014
Kekerasan pada anak di lingkungan sekolah
Hey Gwener's, What's Up!
Baru-baru ini masyarakat indonesia dihebohkan dengan peristiwa kekerasan pada anak dilingkungan sekolah. Parahnya lagi pelaku justru siswa di sekolah dasar tersebut. Menurut keterangan penyidik bahwa korban dianiaya oleh kakak kelas karena menjatuhkan botol meninuman. Namun menurut keterangan saksi korban telah mengganti minuman tersebut. Karena tidak terima pelaku malah justru memukuli korban di dedan teman-teman sekelasnya.
Tindakan kekerasan ini merupakan suatu bentuk perusakan moral generasi muda. Tidak hanya kejadian ini yang mengejutkan kita pelaku fedofil si-Emon lebih parah lagi menelan hingga 100an korban yang masih dibawah umur. Ulasan tersebut saya tulis pada artikel Pelecehan dan kekerasan menghantui generasi muda. Fenemona ini sangat menyedihkan, dimana terlihat seperti menghancurkan masa depan dari generasi muda indonesia ini. Tidak kah sobat menyadarinya?
Anak-anak melakukan tindakan kekerasan serta merta tidak muncul begitu saja, pasti ada contoh prilaku yang ia tiru. Nah, inilah peran lingkungan dalam membentuk karakter anak. Orang tua tentunya mempunyai peran besar dalam hal ini. Bagaimana seorang anak dapat menjaga prilakunya terhadap sesama maupun terhadap orang lebih dewasa darinya.

Bisa dibanyangkan anak baru berusia 10 tahun-an sudah melakukan tindakan kekerasan, bagaimana jika ia dewasa? Ketika anak-anak mungkin masih bisa dikendalikan oleh orang sekitar namun ketika dewasa pasti akan sulit menyadarkannya. Inilah perlu pendidikan dan pembelajaran moral pada usia anak-anak.
Kemajuan teknologi bisa jadi penyebab kerusakan moral. Melalui media seperti TV, internet dan lainnya jika tidak didampingi dengan baik. Anak-anak bisa melakukan tindakan menyimpang seperti kekerasan ini. Perlu diketahui bahwa anak-anak ada masa belajar dimana ia akan mencontoh segala sesuatu yang pernah ia ketahui dan ia lihat. Disinilah peran orang tua untuk menasehati dan memberitahukan hal yang benar kepada anak.
Sekali lagi ini merupakan tugas kita bersama untuk membimbing generasi muda ke arah yang benar, karena mereka yang akan memimpin dan meneruskan kelangsung hidup bangsa ini nantinya. Generasi muda punya peran penting dalam perkembangan dan kemajuan suatu bangsa. Lalu bagaimana jika moral generasi mudah sudah dirusak pada usia dini? Mungkin inilah pertanyaan yang mesti kita renungkan bersama.


Comments

One Comment

RSS
  1. Pendidikan pada anak sangat penting diperhatikan, tidak hanya disekolah, pada semua lingkungan perlu diajarkan pendidikan yang baik.

    ReplyDelete

Popular Posts

Archive


Copyright © 2014 GweOne. Designed by Templateism
Logo by Cool Text: Free Logos and Buttons
DMCA.com Protection Status

Iklan

Find Us on Google+

Followers