Friday, June 27, 2014
Hey Gwener's, What's Up!
Mungkin sobat sudah cukup mengenal Blog Kang Ismet, salah satu referensi Blogger indonesia yang cukup terkenal. Banyak follower dari Blog Kang Ismet ini yang ingin mengikuti jejak sang pemilik blog. Namun, informasi yang kali ini ingin saya bagikan adalah tentang sitelink seperti pada Blog Kang Ismet. Jika sobat memperhatikan hasil penelusuran Google untuk setiap halaman Blog Kang Ismet maka akan muncul beberapa link sekaligus yang mengarah ke setiap artikel pada blog tersebut.
Sebagai contoh cobalah ketik keyword seperti ini "Blog Kang Ismet" pada Google Searh, hasilnya akan menampilkan berbagai macam link yang berkaitan dengan keyword tersebut. Ya, inilah yang dinamakan sebagai site link.
Site Link Blog Kang Ismet

Apa itu site link

Sebelum sobat mengetahui cara untuk membuatnya ada baiknya memahami terlebih dahulu apa itu site link. Site Link merupakan link yang terkait pada suatu halaman website. Bisanya link ini muncul sebagai referensi pada setiap artikel. Umumnya adalah berupa backlink. Namun pada halam depan sebuah blog biasanya akan terdapat berbagai macam artikel terbaru yang telah dipublish. Ini juga bisa digunakan sebagai site link. Artinya adalah setiap link yang berada pada suatu halaman yang mengarah pada halaman yang berbeda pada suatu website tersebut itulah yang dinamakan site link.
Google sebagai mesin pencari tentunnya tidak sembarang untuk menampilkan site link ini. Hanya website tertentu saja yang telah memiliki banyak pengunjung untuk dapat menampilkan site link pada hasil pencarian google seperti Blog Kang Ismet ini yang sudah sangat populer dikalangan Blogger tanah air ini.

Cara Membuat site link

Telah saya singgung diatas bahwa site link biasanya akan muncul jika blog atau website tersebut telah memiliki pengunjung yang sudah signifikan. Namun untuk mempercepat hal tersebut kita bisa menggunakan bantuan dari Google Webmaster Tools. Sebuah peralatan khusus untuk webmaster untuk mengelola website ataupun blog. Jika sobat memiliki akunnya silah baca disini Cara menggunakan Google Webmaster Tools untuk mengelola website
Langsung saja buka halaman Google Webmaster Tools untuk website yang akan dibuat site linknya. Kemudian Tampilan penelusuran pilih menu tautan situs (Site link). Sobat bisa menggunakan tools ini untuk menambahkan tautan situs pada setiap halaman yang ada pada blog atau webstie sobat. Sebagai contoh jika sobat ingin menampilkan site link pada root website misalkan domainnya adalah http://www.example.com. Sobat cukup mengisi url penelurusan yang ingin dibuatkan site linknya. Seperti gambar berikut ini adalah contoh site link yang saya buat untuk blog ini.
Site Link Google Webmaster Tools
Dengan cara ini site link akan terbentuk secara otomatis pada hasil penelusuran website ataupun blog sobat sesuai dengan url penelusuran yang sobat gunakan. Memang membutuhkan waktu untuk menampilkan site link tersebut pada hasil penelusuran sehingga sobat harus bersabar, namun ada juga membutuhkan waktu yang lama. Namun jangan khawatir cara ini akan berlaku selam 90 hari kedepan sehingga sobat masih memiliki banyak waktu sampai site link tersebut muncul pada hasil penelusuran search engine.
Demikianlah cara membuat site link ini. semoga bermanfaat. Sebagai informasi tambahan silahkan baca juga Artikel yang lama bisa digunakan untuk meningakatkan pengunjung

Comments

8 Comments

RSS
  1. Site link membantu mempercepat navigasi bagi pengguna website

    ReplyDelete
  2. itu yang wajib, owalah di web master toh tempatnya...
    hmmmmmmmm oko thx infonya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkadang perlu usaha juga untuk menampilkannya :)

      Delete
  3. oh,ternyata gitu cara buatnya..terimakasih sob sudah berbagi...

    ReplyDelete
  4. terima kasih kakak admin buat tutorialnya :D ajip bener :)

    ReplyDelete

Popular Posts

Archive


Copyright © 2014 GweOne. Designed by Templateism
Logo by Cool Text: Free Logos and Buttons
DMCA.com Protection Status

Iklan

Find Us on Google+

Followers