Friday, June 27, 2014
Hey Gwener's, What's Up!
Sebuah website tentunya akan memiliki banyak halaman dengan berbagai macam url. Pada dasarnya halaman tersebut tentu akan memberikan informasi tentang sesuatu yang berkaitan dengan website tersebut. Konten yang banyak dan berkualitas tentu juga dibutuhkan oleh google untuk disajikan pada mesin penelusurannya. Agar pencari informasi yang menggunakan Google juga mendapatkan informasi yang tetap.
Namun apa jadinya, jika informasi yang kita buat tidak bisa dilihat oleh orang yang membutuhkannya. Inilah fungsi dari mesin pencari seperti Google, Namun ada pertanyaan bagaimana mesin pencari ini bekerja dan menemukan setiap halaman website yang kita buat. Dengan berbagai macam informasi yang kita tampilkan pula. Oleh karena itu, agar proses pencarian yang dilakukan mesin pencarian ini kita harus memberikan informasi mengenai website kita, salah satunya menggunakan sitemap.
Sitemap

Apa itu site map dan fungsinya

Sitemap adalah informasi yang berkaitan dengan konten dan url yang ada diseluruh bagian website tersebut. Informasi yang dapat diketahui oleh publik akan dikumpulkan dalam sitemap ini. Sitemap berisi sitak XML yang telah distandarkan. Didalamnya terdapat berbagai macam informasi suatu halaman website. Baik itu judul, descripsi, url ataupun gambar jika ada. Informasi semacam ini dibutuhkan oleh mesin pencari agar menemukan keyword yang sesuai dengan halaman tersebut.
Dengan menempatkan informasi ini tentunya pengujung akan lebih mudah menemukan halaman website ataupun blog sobat. Namun lagi-lagi bagaimana cara kita memberikan informasi yang terkumpul dalam site ini. Tidak mungkin hanya meletakkannya pada website saja namun jika mesin pencari seperti google tidak menemukan informasi sitemap ini tentu sama saja hasilnya.

Mendaftarkan sitemap pada Google Webmaster Tools

Google sebagai mesin pencari tentu mempunyai cara tersendiri untuk menerima informasi dari webmaster. Salah satu cara yang bisa kita manfaatkan untuk mengelola website pada google ini adalah menggunakan Google Webmaster Tools. Pada Tools ini berisi informasi lengkap tentang hasil penelusuran yang dihasilkan google untuk website atau blog yang sobat kelola. jika sobat belum meliki akunya silahkan baca artikel berikut terlebih dahulu Cara menggunakan Google Webmaster Tools untuk mengelola website
Begitupun sitemap, informasi mengenai website ini bisa sobat masukkan juga melalui Google Webmaster Tools ini. Caranya cukup sederhana, namun pastikan sitemap tersebut dapat diakses melalui website sobat. Sitemap tentunya perlu diupdate atau dibuat auto generate setiap ada halaman baru pada website sobat.
Buka halaman Google Webmaster Tools untuk website sobat dan pilih menu Perayapan -> Peta situs (SiteMap). Tambahkan url sitemap seperti gambar berikut.
Sitemap
Demikian cara untuk menambahkan dan pentingnya sitemap pada suatu website bagi mesin pencari seperti Google. Sekedar informasi tambahan sobat juga bisa membaca artikel ini Cara membuat site link seperti Blog Kang Ismet

Comments

3 Comments

RSS
  1. Sitemap akan memberikan informasi url dari sebuah website

    ReplyDelete
  2. nice post..
    berharap kunjungan balik dan meninggalkan komentar di http://bieogrevie.com

    Thanks..

    ReplyDelete

Popular Posts

Archive


Copyright © 2014 GweOne. Designed by Templateism
Logo by Cool Text: Free Logos and Buttons
DMCA.com Protection Status

Iklan

Find Us on Google+

Followers