Saturday, June 21, 2014
Hey Gwener's, What's Up!
Sebelumnya saya telah mengulas Mengapa sebuah artikel bisa di Copy-Paste?. Memang ada langkah pencegahan untuk meminimalisir pelaku ini. Walaupun ada saja cara-cara yang terus dilakukan oleh pelakuk untuk meloloskan hal semacam ini.
Pencegahan bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai membuat hak paten dari tulisan tersebut, sehingga pelaku tidak berani mengambil seenaknya saja artikel yang kita buat. Namun demikian cara ini terkadang juga tidak dihiraukan jika pelaku hanya membutuhkan artikel untuk sebuah blog dummy saja. Tentunya ini sangat merugikan sekali. Yang paling keras bisa kita lakukan adalah menghalangi secara visual agar artikel tidak mudah untuk dicopy paste.
Stop Copy paste

Pencegahan Tindakan Copy Paste

Jika berkaitan dengan pecegahan secara visual dalam artian langsung di artikel yang sedang dilihat oleh pengunjung. Tentunya ini membutuhkan pengetahuan tentang pemograman web. Cara seperti sudah banyak diterapkan oleh berbagai blogger. Berikut selengkapnya.
  • Disable Klik kanan
    Cara seperti ini paling banyak sekali dilakukan oleh blogger untuk mencegah tindakan copy-paste. Karena dalam interface sebuah browser memang disediakan fitur untuk mengcopy dan paste sebuah text tertentu. Hal ini bisa dilakukan biasanya dengan menggunakan cara klik kanan (Right click) pada mouse ataupun touchpad laptop yang sedang digunakan. Namun dengan pemograman web cara seperti ini bisa dicegah.
  • Menambahkan referensi link
    Berbeda dengan cara diatas, cara seperti ini justru memperbolehkan pengunjung untuk melakukan tindakan copy paste. Namun setiap tindakan copy yang dilakukan pemilik blog telah membuatkan suatu pemograman agar text yang dicopy akan memberikan referensi url dari artikel tersebut. Sayangnya cara ini tetap saja memiliki kekurangan karena referensi text tersebut bisa saja dihapus oleh pelaku.
  • Disable select text
    Cara ini bisa dilakukan pada browser yang telah support dengan CSS3, yakni sebuah pemograman yang digunakan untuk mendesign tampilan sebuah halaman website. Dengan pemograman ini text tersebut tidak akan bisa diselect, ataupun di blog sehingga pelaku tidak akan bisa meng-copy bagian text yang telah dimanipulasi ini.
Ketiga cara diatas memang membutuhkan pengetahuan pemograman web, jika sobat telah familiar dengan web tentu cara diatas sudah mudah sobat pahami. Saya sendiri menggunakan salah satu cara diatas sebagai bentuk pencegahan terhadap tindakan copy-paste. Terakhir baca juga Membiasakan menulis untuk meraih sukses di Google adsense

Comments

One Comment

RSS

Popular Posts

Archive


Copyright © 2014 GweOne. Designed by Templateism
Logo by Cool Text: Free Logos and Buttons
DMCA.com Protection Status

Iklan

Find Us on Google+

Followers