Thursday, June 26, 2014
Hey Gwener's, What's Up!
Penempatan unit iklan pada posisi yang strategis tentunya juga akan mendatang peluang CTR yang lebih baik. Namun sedikit sekali blogger yang memperhatikan hal ini. Apalagi yang menggunakan akun hosted dari google adsense. Kebanyakan hanya menampilkan menggunakan posisi widget yang tersedia. Karena cara menambahkan unit iklan untuk akun hosted bisa langsung melalui widget. Walaupun demikian kita tetap memerlukan mendesign template blog agar memberikan space yang strategis untuk unit iklan yang akan ditampilkan
Penempatan unit iklan juga tidak bisa asal-asalan apalagi ditumpuk pada satu tempat, bukannya mendatangkan income justru itu membuat pengunjung kesulitan menemukan artikel yang dicari dan akhirnya berujung untuk menutup halaman tersebut. Tentunya ini hal yang tidak kita harapkan. Prinsipnya adalah tampilkan iklan adanya, jangan menyamarkannya dengan bagian tertentu atau bahkan menarik perhatian pengunjung untuk mengklik iklan tersebut.
Penempatan iklan strategis
Dilihat dari penempatan iklan tersebut terutama pada template blogger kita bisa mencari posisi untuk beberapa jenis halaman. Seperti hamalaman Hompage, search dan label yang mempunyai bentuk tampilan yang sama dan juga halaman artikel yang menampilkan keseluruhan bagian artikel. Kedua jenis tampilan ini bisa kita didesign untuk penempatan iklan yang berbeda-beda pula.

Penempatan Unit iklan dari segi tampilan halaman

Halaman Index (Homepage)

Halaman index atau homepage suatu blog biasanya akan menampilkan beberapa artikel sekaligus yang berisi summary sehingga sebenarnya halaman homepage ini bisa dibilang sebagai intisari dari beberapa artikel yang telah diposting. Sehingga akan mengandung banyak konten dan informasi yang disampikan. Untuk posisi penempatan yang strategis adalah unit iklan bisa diletakkan pada di sela-sela artikel yang ditampilkan. Ada baiknya meletakkan setelah artikel pertama.
Agar lebih mudah dipahami lihat tampilan iklan yang saya gunakan pada blog ini.
Iklan Hompage
Perhatikan gambar tersebut, iklan yang ditampilkan tepat berada pada summary pada artikel pertama. Sehingga ketika pengunjung melihat halaman homepage ia akan mengamati bagian artikel satu persatu, ini alasan kita dapat menempatkan iklan pada deretan artikel pada halaman homepage. Lebih baik lagi adalah jika kita membuatnya menggunakan unit iklan responsive. Disamping mempunyai bentuk iklan yang beragam dengan berbagai ukuran. Iklan responsive sangat cocok dengan tampilan ini. Tentunya jika blog sobat juga menyediakan design responsive untuk templatenya.
Masih pada halaman homepage, posisi unit iklan lainnya bisa sobat letakkan pada side bar dan bagian header. Kedua posisi ini cukup strategis, header merupakan bagian teratas yang paling pertama diamati oleh pengunjung kemudian bagian artikel dan selanjutnya bagian side bar. Nah, penempatan ketiga bagian ini akan lebih efektif lagi jika menggunakan unit iklan responsive. Seperti yang saya lakukan, hampir semua unit iklan yang saya terapkan menggunakan design responsive.

Halaman Item (Artikel)

Pada halaman item atau artikel yang menjadi pusat perhatian adalah bagian artikel itu sendiri. Biasanya blogger akan menempatkan unit iklan pada bagian artikel tersebut tepatnya dibagian pertama disela-sela text konten artikel tersebut. Seperti gambar dashboard pertama artikel ini. Kurang lebih penempatan strategis untuk halaman artikel adalah pada bagian tersebut.
Mungkin sobat perlu mengetahui banyaknya iklan yang boleh ditampilkan pada google adsense ini, Untuk itu sobat bisa memahaminya di Berapa banyak iklan adsense untuk setiap halaman?. Jangan sampai penempatan dan jumlah iklan yang ditampilkan justru melanggar dari aturan TOS yang telah ditentukan oleh Google Adsense.

Inilah beberapa informasi yang bisa membantu sobat untuk menerapkan penempatan unit iklan yang strategis untuk blog. Sekedar informasi tambahan sobat bisa membaca Artikel yang lama bisa digunakan untuk meningakatkan pengunjung

Comments

One Comment

RSS
  1. Yang penting berdekatan dengan artikel lebih baik

    ReplyDelete

Popular Posts

Archive


Copyright © 2014 GweOne. Designed by Templateism
Logo by Cool Text: Free Logos and Buttons
DMCA.com Protection Status

Iklan

Find Us on Google+

Followers