Sunday, June 29, 2014
Hey Gwener's, What's Up!
Dalam menunaikan ibadah puasa tentunya kita berharap mendapatkan pahala apalagi dilengkapi dengan berbagai kewajiban dan sunnah yang diharuskan. Namun terkadang kita tidak menyadari apa yang telah kita lakukan ternyata telah mengurangi pahala puasa tersebut. Nah apa saja yang hal dapat mengurangi pahala puasa tersebut, inilah yang akan kita bahas tersebut.
Menjalankan ibadah puasa bukan sekedar menahan lapar dan dahaga juga, namun menjaga diri dari hal yang membatalkannya. Selain membatalkan terdapat juga hal yang mengurangi pahala tersebut, justru hal tersebut mungkin sering dilakukan setiap hari. Maka kita perlu memahami apa saja yang mengurangi pahala puasa ini. Selengkapnya ada disini.
Hal yang membatalkan puasa

Hal yang mengurasi bahala puasa

Berkata bohong atau berdusta

Apa untungnya berkata bohong atau berdusta ini, biasanya orang melakukannya karena ingin mendapatkan simpati kepada orang lain atau mungkin untuk menipu orang lain. Tentu ini merugikan orang lain. Sehingga hal ini membuat pahala puasa juga akan berkurang. Karena puasa tentunya untuk mengendalikan diri Serta ucapan

Bergunjing

Ini yang paling parah, membicarakan orang lain apalagi itu berkaitan dengan aib sesorang. Aib adalah seuatu yang harus tetap dijaga, Tidak boleh disebar luaskan. Bergunjing sering kali malah membicarakan aib orang lain. tentu sangat dilarang. Biasanya ibu-ibu yang sudah berkumpul dan ngerumpi akan saling berbicara satu sama lain, tak lain membicarakan orang lain pula. Ibarat pepatah, mulutmu adalah harimau mu. Maka berhati-hatilah berbicara apalagi ketika berpuasa.

Bersumpah palsu

Sumpah palsu termasuk tindak berbohong karena menyakinkan orang lain dengan tindakan palsu demi mendapatkan simpati atau kepercayaan orang lain. Ini termasuk cara yang tidak benar.

Melihat dengan syahwat

Menahan diri selama berpuasa tentu diwajibkan, bukannya hanya menahan lapar dan dahaga. Melainkan menjaga hawa nafsu. Hati-hati memeperhatikan sesuatu dengan mata, jangan menimbulkan aura syahwat tentu ini tandanya tidak bisa mengendalikan diri dan akhirnya mengurai pahala puasa.

Comments

3 Comments

RSS
  1. Semoga ibadah puasanya lancar ya

    ReplyDelete
  2. wah ngeri juga ya ternyata pahala orang berpuasa bisa berkurang ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, mesti menahan diri juga kan supaya ngga cuma menahan lapar dan haus saja

      Delete

Popular Posts

Archive


Copyright © 2014 GweOne. Designed by Templateism
Logo by Cool Text: Free Logos and Buttons
DMCA.com Protection Status

Iklan

Find Us on Google+

Followers