Saturday, June 28, 2014
Hey Gwener's, What's Up!
Berpuasa memang diwajibkan bagi umat muslim ketika bulan ramadhan telah datang menghampirinya. Kini sudah waktunya kita menjalankan hal tersebut. Ibadah puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga, namun banyak manfaat yang bisa kita dapatkan bagi diri sendiri baik itu dari segi kesehatan maupun dari segi rohani.
Kebanyakan orang hanya mengeluh berpuasa hanya membuat badan menjadi lapar dan cepat letih. Padahal semua itu salah, rasa lapar muncul karena kebiasaan untuk sering makan ataupun mengemil sehari-hari. Munculnya rasa lapar karena kita terlalu memikirkan hal tersebut. Pada dasarnya ketika berpuasa jika kita aktif melakukan aktivitas sebenarnya rasa lapar dan dahaga tidak akan menjadi masalah dibandingkan dengan orang yang hanya duduk tanpa melakukan mobilitas ataupun kegiatan apapun.
Semangat berpuasa
Menunggu waktu berbuka sepanjang hari sama saja menyiksa diri anda sendri, Puasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga namun bagaimana kita bisa mengendalikan diri dan mengontrolnya. Apa jadinya jika puasa hanya memikirkan kapan waktu berbuka, itu sama saja tidak ada gunanya. Lalu apa sebenarnya manfaat berpuasa bagi kita?

Manfaat Berpuasa

Melatih kesabaran

Sudah banyak yang telah menyinggung ini, bahkan sobat sendiri mungkin merasakannya. Sabar yang dimaksud bukan hanya sekedar sabar dalam menahan rasa lapar, melainkan dalam aktivitas keseharian. Melatih untuk menjadi pribadi yang tidak emosional dan sabar. Puasa sebenarnya bisa membuat kita menjadi displin agar mengerjakan segala sesuatu tepat pada waktunya. Seperti saat berbuka puasa, dimanapun waktu berbuka telah masuk kita diwajibkan untuk membatalkan puasa.
Belajar mengendalikan diri memang diperlukan saat menunaikan ibadah puasa. Puasa juga mengajarkan agar kita tidak boros dalam mengelola keuangan. Inilah manfaat puasa untuk melatih kesabaran pada diri kita. Dan sebenarnya puasa bisa kita lakukan diluar bulan ramadhan, hanya jika mengerti dan merasakan manfaat yang didapat dari puasa tersebut.

Baik untuk kesehatan

Tentu puasa sangat baik untuk kesehatan. Jika diibaratkan puasa untuk membersihkan saluran pencernaan. Seperti halnya mesin yang bekerja setiap saat tentu perlu waktu untuk membersihkan mesin tersebut. Begitu pula dengan saluran pencernaan kita. Mulai dari lambung yang mengelola makanan yang kita masukkan hampir setiap saat.
Kini waktunya bagian pencernaan ini diberikan waktu istirahat selama 1 bulan tentunya tetap dengan memberikan asupan namun dalam jangka waktu yang berbeda dari biasanya. Inilah manfaat puasa bagi kesehatan. Tidak hanya dibagian penceranaan saja loh, Para ahli menyebut banyak sekali manfaat puasa ini dilihat dari segi kesehatan mulai dari otak sampai keujung kaki.

Mendekatkan diri pada allah dan sesama

Mungkin selama ini kita sering melalaikan ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Inilah waktunya untuk memperbaiki diri agar lebih dekat kembali kepada allah. Menjalankan ibadah puasa berarti menjadikan diri bertagwa kepada allah. Dan tentunya juga mendekatkan kita kepada sesama.
Akhirya, selamat berpuasa. Baca juga Polemik pelaksanaan puasa setiap datangnya bulan ramadhan

Comments

One Comment

RSS

Popular Posts

Archive


Copyright © 2014 GweOne. Designed by Templateism
Logo by Cool Text: Free Logos and Buttons
DMCA.com Protection Status

Iklan

Find Us on Google+

Followers