Tuesday, July 1, 2014
Hey Gwener's, What's Up!
Perayapan atau Crawl merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh mesin pencari seperti google untuk membaca data yang ada pada sebuah website atau blog. Perayapan ini dilakukan dengan menggunakan bantuan dari sebuah backlink atau ping yang dilakukan beberapa service yang memberikan informasi sitemap kepada mesin pencari. Seperti 9 ping blog terbaik untuk meningkatkan trafik juga termasuk dalam proses perayapan.
Namun tak jarang proses perayapan ini mengalami kegagalan, biasanya dikarenakan url yang diakses tidak dapat dikunjungi atau mendapatkan lama 404. Ini menandakan url terdebut belum tersedia disebuah website. Kesalahan perayapan berarti menandakan ada yang salah dengan situs anda. Bisa jadi artikel yang sudah pernah dibuat telah dihapus namun urlnya masih terindex oleh google sehingga perayapan akan mengalami kegagalan.
Kesalahan Perayapan pada Google Webmater Tools

Faktor penyebab kesalahan perayapan

  1. Kesalahan server
    Jika hal ini terjadi menandakan ada yang salah pada server untung hosting yang sobat gunakan. Kesalahan server seperti ini bisa ditemukan ketika diakses laman atau website tersebut terkadang error atau tidak tersedia. Mungkin ini masalah bandwith sehingga ketika akses yang terlalu banyak justru membuat website tersebut tidak dapat diakses.
    Saran saya jika sobat menggunakan server hosting sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan yang ingin digunakan. Ketika membutuhkan akses yang banyak seharusnya bandwith juga perlu ditingkatkan. Bandwith ini menentukan banyaknya jalur lalu lintas yang masuk dan keluar untuk mengakses sebuah website. Semakin besar bandwith semakin besar pula peluang lalu lintas yang masuk.
    Kesalahan server ini merupakan hal paling fatal jika sering terjadi. Sehingga sobat harus tetap memantau setiap server hosting yang digunakan. Apakah spesifikasi yang disediakan saat ini sesuai dengan kebutuhan website yang sobat gunakan. Karena pengoptimalan bandwith itu sangat penting, untuk website yang hanya digunakan oleh kalangan tertentu dan terbatas bisa saja menggunakan bandwith yang kecil. Jadi tidak boros juga.
  2. Kesalahan URL
    Umumnya seorang blogger pastilah sering melakukan blog walking atau berkunjung dan memberikan komentar pada blog orang lain. Hal ini bertujuan untuk saling berbagi informasi sekaligus membangun backlink yang berkualitas. Namun alih-alih ingin membuat backlink yang banyak bisa saja menjadikan kesalahan perayapan. Yaitu kesalahan url yang dibuat ketika berkomentar pada orang lain.
    Mungkin secara sadar ataupun tidak, saat kita berkomentar akan mencantumkan url dari blog ataupun website yang kita gunakan. Biasanya url tersebut akan mengarah pada root web atau halaman tertentu. Kesalahan pengetikan url memang tidak berdampak pada komentar yang diberikan pada blog orang lain. Namun ketika url tersebut terindex oleh google dan dicoba untuk dirayapi atau dikunjungi justru tidak diakses.
    Inilah kesalahan URL yang munkin bisa saja terjadi sehingga menyebabkan kesalahan perayapan yang dilakukan oleh mesin pencari seperti google. Oleh karena itu, sebaiknya sobat juga mesti berhati-hati dalam melakukan blog walking jangan sampai membuat kesalahan url seperti ini.

Mengatasi kesalahan perayapan

Google sendiri tentunya mediakan tools yang dapat membantu memeriksa kesalahan perayapan ini. Salah satunya adalah menggunakan Google Webmaster tools. Fitur ini cukup canggih dan gratis. Seperti yang saya jelaskan diatas. Kesalahan perayapan yang dilakukan oleh mesin pencari google akan bisa terdetiksi pada tools ini. Sehingga kita juga dapat segera mengambil tindakan yang perlu untuk mengantisipasi ataupun mengatasi masalah tersebut.
Agar lebih jelas silahkan sobat daftar dulu pada Google webmaster tools ini. Melalui Cara menggunakan Google Webmaster Tools untuk mengelola website. Menggunakan Google webmaster Tools ini akan membuat sobat dapat memantau kesehatan dari sebuah website yang dikelola.
Kesalahan perayapan yang terjadi pada suatu website bisa sobat lihat dimenu Perayapan atau Crawl. Setiap terjadi kesalahan server ataupun URL akan ditampilkan pada halaman ini. Sobat bisa melihat penyebab dan sumber kesalahan tersebut secara detail. Hal ini bisa sobat perhatikan seperti gambar dashboard diatas.

Jadi, menjaga dan memantau perkembangan sebuah website ternyata memang sangat penting. Jangan sampai kesalahan perayapan ini dialami oleh pengguna website sobat. Karena itu dialami sama saja artinya website atau blog sobat tidak dapat diakses. Oleh karena itu pantaulah segera website atau blog sobat dengan Google Webmaster Tools ini dan cari tau solusi setiap permasalahan yang muncul.

Comments

6 Comments

RSS
  1. Penting memperhatikan hal ini, supaya tidak terjadi kesalahan saat mengakses url yang dituju

    ReplyDelete
  2. aku dulu pernah bikin subdomain untuk amazon tapi setelah itu karena space udah penuh jadinya aku hapus, tapi kok sekarang malah muncul urlnya sebagai kesalahan perayapan ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh kalau itu bisa atasi, request untuk dihapus juga di google index, caranya ada menu perayapan google webmaster ini.
      Dicoba saja...

      Delete
  3. Apakah setiap template memiliki masalah yang sama? yaitu kesalahan perayapan.
    Kenapa setiap saya ganti template selalu saja ada masalah tersebut. jadinya harus edit2 lagi deh.

    Ngomong2 keren nih blognya mas :D

    ReplyDelete
  4. Perayapan pada sitemap cukup sekali aja atau harus di update terus kalo kita nambah artikel ke blog?

    ReplyDelete

Popular Posts

Archive


Copyright © 2014 GweOne. Designed by Templateism
Logo by Cool Text: Free Logos and Buttons
DMCA.com Protection Status

Iklan

Find Us on Google+

Followers