Monday, July 14, 2014
Hey Gwener's, What's Up!
Dalam hal mempercepat navigasi tentu sebuah blog mesti dilengkapi dengan fitur pencarian, terutama blog yang memiliki tema tertentu seperti blog niche yang membahas tentang 1 materi saja. Biasanya akan mempermudahkan pengguna untuk mengexplore isi blog menggunakan fitur pencarian. Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah menggunakan mesin penelusuran google yang bisa dikhususkan untuk mencari informasi atau konten dari kueri pada suatu website atau blog saja.
Mesin penelusuran ini akan menampilkan hasil seperti hanya google. Namun bisa disetting khusus untuk url blog saja, sehingga seolah-olah kita memiliki fitur google search di dalam blog. Contohnya diblog ini, sobat bisa mencari artikel maupun gambar yang berkaitan dengan query tertentu pada menu pencarian di bagian atas GweOne.com ini.
Mesin penelusuran Google

Membuat mesin penelusuran google

Untuk membuat mesin penelusuran khusus ini sobat bisa langsung mengunjungi website Google.com/cse. Pilih menu mesin telusur baru. Pada bagian ini sobat diminta untuk mengisi nama mesin telusur dan website yang akan dicari menggunakan mesin penelusuran ini. Gunakan format seperti www.example.com/* untuk menunjukkan pencarian di seluruh bagian website tersebut
Mesin telusur baru

Letakkan kode mesin penelusuran google pada blog

Tahap selanjutnya adalah melatakkan kode mesin penelusuran yang telah berhasil sobat buat pada blog yang digunakan. Pastikan blog dan url yang dibuat telah sesuai dengan mesin telusur. Untuk sobat yang menggunakan blogger, Script atau kode mesin telusur ini bisa diletakkan pada template yang digunakan.
Penempatan kode ini dapat disesuaikan template yang digunakan. Oleh karena itu sesuaikan lah dengan posisi dan ukuran space yang tersedia. Yang paling penting mesin penelusuran ini mudah diakses oleh pengunjung sehingga ketika mencari keyword tertentu bisa langsung menggunakan fitur ini. Sehingga blog sobat bisa menjadi lebih friendly.
Kode Mesin telusur

Memasang iklan pada penelusuran google

Untuk mengoptimalkan mesin penelusuran yang sobat buat, bisa juga loh dibuat untuk memperoleh penghasilan. Caranya dengan menempatkan iklan adsense. Jika sobat belum memilikinya silah baca dulu caranya disini Persiapan blog untuk memperoleh Google Adsense. Keuntungannya adalah, setiap hasil pencarian yang ditampilkan menggunakan mesin telusuran ini juga akan menampilkan iklan yang berkaitan dengan keyword yang dicari.
Sehingga pengunjung diuntungkan juga dengan fitur navigasi yang cepat serta dengan iklan rekomendasi yang bisa digunakan sesuai dengan keyword yang digunakan. Untuk mengaktifkan fitur iklan pada mesin telusur google ini, pastikan sobat sudah memiliki akun google adsense yang telah diappove. Selanjutnya pilih menu Dapatkan penghasilan pada menu Mesin penelusuran google.
Iklan Mesin telusur

Comments

6 Comments

RSS
  1. Untuk adsense mesin telusur yang boleh digunakan per halaman hanya 2 saja

    ReplyDelete
  2. salam dikenalkan bro biar seri bagi hasilnya.

    http://scriptdelphiku.blogspot.com/2014/10/cara-menginstal-borland-delphi-7-di.html

    ReplyDelete
  3. trus di letak kan dimana tuh kode???? tambah gadget apa di tubuh template???

    ReplyDelete

Popular Posts

Archive


Copyright © 2014 GweOne. Designed by Templateism
Logo by Cool Text: Free Logos and Buttons
DMCA.com Protection Status

Iklan

Find Us on Google+

Followers