Friday, July 4, 2014
Hey Gwener's, What's Up!
Memiliki sebuah blog yang bisa selalu nangkring di posisi SERP paling atas tentu menjadi target tersendiri bagi para blogger. Namun perlu diketahui tidak hanya konten artikel saja yang perlu diperhatikan. Namun penyesuaian judul dengan url artikel tersebut juga mesti SEO friendly. Agar mesin pencari juga dapat lebih mengenali artikel tersebut melalui url yang SEO Friendly.
SEO Friendly maksudnya adalah mempermudah mesin pencari dalam mencari dan mengenali suatu url atau konten tertentu dengan kriteria khusus. Baik itu melalui backlink ataupun atau url yang ditanamkan. Tentu suatu url yang telah diindex seperti melalui menggunakan PingShot, fitur publishing dari FeedBurner
Lalu bagaimana membuat url yang seo friendly, agar bisa di kenali lebih mudah. Hal ini bisa kita buat sendri jika menggunakna CMS blog seperti Blogger.com. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut selengkapnya.
Url SEO Friendly
Berdasarkan pada gambar diatas, setiap kali kita membuat artikel pada blogger.com maka akan disediakan Permalink (Kotak merah pada gambar). Ada 2 pilihan yang bisa kita gunakan yakni menggunakan cara automatis yang akan membuat link berdasarkan judul dengan menggati space dengan tanda dash(-) dan menghilangkan tanda symbol. Atau pilihan yang kedua menggunakan cara manual dengan mengisinya pada kotak yang tersedia.
Pada cara pertama terkadang memiliki kekurangan. Yakni ketika judul yang diberikan terlalu panjang. Permalink yang terbentuk secara otomatis hanya akan memiliki panjang tertentu saja. Sehingga akan ada bagian yang terpotong. Sehingga kelihatannya url tersebut tidak sempurna. Ini justru akan membuat URL yang dibuat tidak SEO friendly lagi. Inilah yang sebenarnya perlu sobat perhatikan
Jika situasi diatas sobat sering alami, maka kita bisa memperbaikinya menggunakan cara yang kedua. Yakni membuat url permalink secara manual. Biasanya akan disertakan permalink yang dibuat secara otomatis sehingga kita cukup menambahkan url yang terpotong saja. Namun untuk membuatnya kita juga harus memperhatikan bahwa tidak boleh menggunakan tanda symbol ataupun menggunakan spaci.
Untuk membedakan kata dengan kata yang lain gunakanlah tanda penghubung dash(-) sebagai pemisah diantara kata-kata tersebut. Tanda hubung inilah yang akan menjadikan url tersebut SEO friendly karena pada mesin pencari seperti google dan yang lainnya tanda dash(-) dianggap sebagai spasi pada url sehingga ini akan membuat mesin pencari bisa mengenali kata yang dimaksud pada url tersebut.

Inilah yang perlu diperhatikan dalam membuat permalink sebuah artikel dalam blog. Agar url yang terbuat bisa menjadi Url SEO friendly. Sebagai tambahan sobat bisa membaca artikel ini Cara mengatur ukuran gambar pada design responsive

Comments

One Comment

RSS

Popular Posts

Archive


Copyright © 2014 GweOne. Designed by Templateism
Logo by Cool Text: Free Logos and Buttons
DMCA.com Protection Status

Iklan

Find Us on Google+

Followers