Saturday, July 5, 2014
Hey Gwener's, What's Up!
Dalam membuat sebuah blog pada umumnya untuk memberikan informasi dan dapat berinteraksi dengan para blogger maupun netter lainnya melalui fasilitas form komentar. Form komentar bertujuan agar pembaca juga dapat memberikan ide atau tanggapan tertentu terhadap artikel yang sedang dibacanya. Tentunya seorang blogger akan senang jika setiap saat selalu ada komentar untuk menanggapi artikel yang dipostingnya.
Form komentar ada kalanya memang tidak diperlukan lagi atau munkin dari awal pembuatan blog tersebut sudah tidak harus menggunakan fasilitas ini. Pada umumnya blog yang telah memiliki page rank (PR) biasanya akan mendisable form komentar ini. Tujuannya adalah agar tidak tindakan spam sehingga dapat menurunkan page rank blog tersebut. Karena kebanyakan form komentar juga salah digunakan. Namun ada pula blogger yang sengaja menghilangkan form komentar ini karena memang tidak ingin artikelnya ditanggapi oleh orang lain. Itu tentu menjadi hak masing-masing perorang. Nah, sobat termasuk salah satu diantaranya? jika ya, berikut beberapa langkah yang bisa sobat lakukan untuk menghilangkan form komentar pada setiap postingan blog, khususnya pengguna blogger.com
Menghilangkan form komentar

Menghilangkan form Komentar

Buka menu dashboard blogger sobat dan lihat di menu Settings/Pengaturan terdapat item Post and Comments. Disinilah pengaturan untuk menghilangkan form komentar tersebut. Terdapat beberapa pilihan comments yang bisa sobat gunakan sebenarnya, tentunya sesuai kebutuhan yang diinginkan. Seperti berikut:
Pengaturan Komentar
  1. Embeded
    Jenis akan membuat form komentar akan berada di bawah postingan setiap artikel, sehingga ketika selesai membaca pengunjung bisa langsung memberikan komentar tanpa harus membuka halaman lainnya. Ini adalah cara yang paling umum digunakan oleh para blogger untuk memberikan komentar.
  2. Full Page
    Cara ini digunakan saat jika komentar yang diberikan harus berada pada halaman yang berbeda dengan artikel yang digunakan. Sehingga pengunjung harus mengklik suatu link agar dapat memberikan komentar. Namun cara ini sudah jarang digunakan, bahkan bisa dibilang tidak begitu efektif karena pengunjung harus membuka halaman komentar dulu agar bisa memberikan komentar pada artikel yang telah dibaca.
  3. Open Window
    Cara ini lebih simple dari pada yang sebelumnya, hanya saja form komentar akan muncul setiap kali pengunjung ingin menulisnya pada window baru, jadi tidak bergabung dengan artikel yang sedang dibaca. Ini pun juga jarang digunakan oleh blogger.
  4. Hide
    Inilah jenis komentar yang akan kita gunakan untuk menghilangkan atau menyembunyikan form komentar untuk seluruh posting blog,

Comments

3 Comments

RSS
  1. Jadi tinggal sesuaikan saja kebutuhannya mau menggunakan komentar ataupun tidak juga tidak menjadi masalah sebenarnya

    ReplyDelete
  2. sip, simpel caranya ternyata yah..trims buat triknya dan happy blogging

    ReplyDelete

Popular Posts

Archive


Copyright © 2014 GweOne. Designed by Templateism
Logo by Cool Text: Free Logos and Buttons
DMCA.com Protection Status

Iklan

Find Us on Google+

Followers