Sunday, July 13, 2014
Hey Gwener's, What's Up!
Menyambut datangnya lebaran banyak bermunculan diskon untuk belanja, yang paling umum tentunya adalah pakaian untuk persiapan lebaran nanti. Para pengusaha dan pedagang berlomba-lomba memberikan diskon bahkan harga yang murah meriah untuk menarik para pelanggan. Tapi, apa sebenarnya diskon besar ini akan menguntungkan pembeli atau justru membuat penjual menjadi lebih untung? Jika lebaran bisa ada diskon kenapa hari biasa jarang sekali bahkan tidak ada sama sekali? jadi itu diskon beneran atau diskon palsu?
Setiap orang tentunya mempunyai cara sendiri untuk mempersiapkan diri menyambut lebaran yang akan datang dalam beberapa hari lagi. Mulai melengkapi peralatan rumah hingga perlengkapan pribadi seperti pakaian dan asesoris yang digunakan. Biasanya orang lebih sering berbelanja mendekati hari lebaran, karena dianggap harganya jauh lebih murah dan terjangkau. Tapi taukah sobat, bisa jadi diskon itu dibuat seolah-olah harganya murah padahal sama saja?
Diskon Palsu

Hati-hati pada diskon palsu

Memberikan diskon pada suatu barang yang dijual merupakan suatu strategi marketing untuk menarik pelanggan. Namun tetap saja pada hakekatnya, penjual tidak ingin mengalami kerugian. Jadi bisa dipikir secara logis, tidak mungkin penjual memberikan diskon jika ia tidak memperoleh keuntungan sama sekali.
Nah, apa saja yang membuat barang bisa di diskon? ini perlu kita ketahui juga. Mari lihat pemaparan berikut bagaimana oknum yang ingin meraup keuntungan dengan cara yang bisa dibilang sedikit licik.

Harga di markup, lalu di Diskon

Pada dasarnya pada saat mendekati moment-moment seperti lebaran harga barang meningkat, sehingga lebih banyak orang mencari harga diskon. Inilah yang dimanfaatkan para penjual untuk memanipulasi harga agar seolah-olah menjadi lebih murah, padahal sama saja. Caranya pun terbilang licik, harga barang dimarkup sedemikian rupa agar bisa memberikan diskon yang lebih besar bahkan hingga 70%.
Melihat diskon yang besar siapa yang tidak terpincut, apalagi untuk kaum hawa. Inilah target yang paling banyak diincar oleh kalang penjual. Umumnya mendekati lebaran pakaian menjadi barang yang paling banyak laku dan dibeli terutama yang berdiskon besar.

Harga di Diskon karena kualitas rendah

Memiliki barang dengan brand terkenal tentu punya daya tarik tersendiri oleh sebagaian kalangan. Tapi tanpa disadari kadang barang tersebut terdapat juga yang memiliki kualitas yang buruk bisa jadi karena proses pengiriman atau penyimpanan yang sudah lama. Bahkan lebih parah lagi barang dengan bahan imitasi alias palsu.
Menyikapi hal tersebut tentu penjual tentu harus mencari cara agar barang tetap terjual. Inilah fungsi diskon yang dimanfaatkan dari harga normal. Padahal sebenarnya itu karena kualitas barang yang kurang baik sehingga dijual lebih murah.

Diskon barang cuci gudang biar laku

Barang yang sudah lama tidak laku, agar lebih cepat habis salah satunya dilakukan dengan cara memberikan diskon harga. Inilah kebanyakan yang dicari oleh pelanggan. Tidak peduli pada kualitas barang, kebanyakan hanya peduli pada merek dan brand yang bagus saja. Kalau dilihat barang pada cuci gudang ini biasanya barang sudah lama namun punya kualitas yang bagus.
Barang cuci gudang juga tidak luput dari kualitas yang rendah, tetap saja perlu memilih dengan hati-hati karena juga biasanya diobral agar lebih banyak orang yang membeli dengan cepat dan habis dalam sekejab.

Beginilah cara penjual untuk menarik pelanggan melalui diskon yang diberikan.

Menyikapi barang yang Diskon

Strategi marketing dengan memberikan diskon pada barang yang dijual merupakan hal yang lazim digunakan dan diterapkan dimanapun. Yang perlu sobat antisipasi adalah melihat dengan baik barang yang akan dibeli dengan memperhitungkan diskon dan kualitas barang yang akan digunakan. Jangan sampai justru sobat sendiri yang menerima kerugian karena tidak puas pada barang yang telah dibeli. Sayang sekali kan?

Comments

One Comment

RSS
  1. Hati-hatinya barang diskon-an belum tentu berkualitas, tapi buat yang murah meriah boleh saja sih :)

    ReplyDelete

Popular Posts

Archive


Copyright © 2014 GweOne. Designed by Templateism
Logo by Cool Text: Free Logos and Buttons
DMCA.com Protection Status

Iklan

Find Us on Google+

Followers